Jumat, 28 September 2012

Macam - Macam Akuntansi

Sejalan dengan kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi yang pesat , telah timbul berbagai macam spesialisasi dalam akuntansi . Macam-macam akuntansi yang penting secara singkat akan diurai dibawah ini :

a.Akuntansi Keuangan (Financial Accounting )
Fungsi akuntansi itu berhubungan dengan pencatatan transaksi – transaksi dalam suatu perusahaan atau suatu unit ekonomi yang lain , dan penyusunan laporan keuangan secra periodic dari catatan tersebut . Oleh karena itu akuntansi keuangan menyajikan informasi keuangan yang diperlukan dalam pengambilan keputusan bagi pimpinan perusahaan , keditur , pemerintahan , dan masyarakat .

b. Auditing
Bidang aktivitas yang menyangkut suatu pemeriksaan atas catatan – catatan akuntansi bebas . Pemerikasaan akuntansi adalah jasa utama yang biasa diberikaun oleh akuntan public . Dalam melaksanakan tugasnya , akuntan mengadakan pemerikasaan terhadap catatan – catatan yang mendukung laporan keuangan suatu perusahaan dan akhirnya mengeluarkan suatu pernytaan pendapat mengenai kelyakan dan kewajaran laporan keuangan tersebut . Disamping itu , dapat pula memberikan laporan berisi nasihat yang berguna bagi manajemen .

c. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
Tujuan utama akuntansi manajemen adalah menyajikan informasi pengambilan keputusan yang relaven kepada manajemen perusahaan (pihak interent) . Akuntansi manjemen memberikan sumbangan penting kepada fungsi perencanaan dan pengawasan manajemen suatu pperusahaan , melalui pemanfaatan akuntansi biaya ,budgeting da sisitem akuntansi.

d. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
Akuntansi biaya yang menekan maslaha penetapan dan pengendalian biaya , terutama berhubungan dengan biaya produksi suatu barang . Fungsi utama akuntansi biaya adalah mengumpulkan dan menganalisasi data biaya , baik data actual maupun data proyeksi.

e. Akuntansi Anggaran
Jenis akuntansi ini menyajikan rencan operasikeuangan untuk suatu periode tertentu , melalui pencatatan dan meringkaskan data pelaksanaan operasi . Oleh karena itu , kerap kali dimasukan bagian dari akuntansi manajemen . Hali ini berate akuntansi manajeme memiliki tanggung jawab dalam mengkoordinasikan penyusunan .

f. Sistem akuntansi
Sistem akuntansi merupakan bidang khusus yang menangani perencanaan dan penerapan procedure utuk mengumpulkan dan melaporkan data keuangan . Seorang akuntan system harus merencanakan suatu system memiliki unsure memeriksa dan mencocokan untuk dapat menjaga harta perusahaan dan mempunyai arus informasi yang efisien dan bermanfaat bagi manajemen dan juga mamahami pengunaan dan kegunaan dari jenis-jenis alat pemrosesan data.

g. Akuntansi Pajak
Akuntansi perpajakan meliputi penyusunan surat pemberitahuan pajak (SPT), serta mempertimbangkan konsekuensi perpajakan dari transaksi usaha yang direncanakan atau mencari alternative pelaksanaan terbaik .

h. Akuntansi Pemerintah
Akuntansi pemerintah termasuk pula akuntansi lembaga-lembaga nonprofit atau institusional accounting , mengkhususkan pada masalah pencatatan dan pelaporan transaksi dari unit-unit pemerintah dan organisasi nonprofit lainya.

i. Akuntansi Sosial
Akuntansi social merupakan bidang baru dalam akuntansi . Tugas akuntansi ini ialah menyangkut masalah pengunaan dana-dana kesejahteraan social dalam masyarakat dan ini merupakan suatu bagian dari studi pihak pemerintah , yang tidak hanya dalam pengertian mempermudah arus perdagangan , tetapi juga memperhatikan kelestarian linkungan daerah secara baik.

j. Akuntansi Internasional
Akuntansi ini menyangkut masalah khusus yang berkaitan perdagangan internasional dari perusahaan – perusahaan Internasional

k. Akuntansi Pendidikan
Akuntansi ini merupakan bidang khusus yang menyangkut pendidikan akuntansi . Tetapi disamping mengajar , guru-guru akuntansi kadang-kadang juga mengadakan penelitian , pemeriksaan akuntansi atau terlibat dalam pengerjaan akuntansi perpajakan atau dibidang akuntansi lainnya bai sebagai tenaga lepas atau sebagai penasihat.

SUMBER : http://muhkhudrimalik.wordpress.com/2009/01/22/bab-i-sejarah-pengertian-pemakai-dan-macam-akuntansi/
http://thazoel.blogspot.com/2011/12/macam-macam-akuntansi.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar